Ukur Kecepatan Hardisk Kamu - Seberapa Cepat?

Disk Benchmark

Kecepatan hardisk
baik dalam membaca data (Read) maupun menulis data (Write) akan sangat berpengaruh besar pada kinerja sistem komputer. Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi yang begitu masif. Misalnya kita bisa ambil contoh kecepatan bandwith dari RAM (Random Access Memory) DDR4 yang telah mencapai 30GB/s bahkan lebih hanya untuk menampung proses sementara dari sebuah prosesor.

Berbanding terbalik dengan kecepatan sebuah hardisk yang hanya berkisar 80 MB/s sampai 200 MB/s yang notabene banyak digunakan untuk penyimpanan dari hasil pemrosesan data yang dilakukan oleh prosesor. Artinya jika komputer kalian sering hang/lemot maka dapat dipastikan terjadi bottleneck proses pada hardisk. Artinya hardisk yang kalian pakai memiliki kecepatan yang rendah karena bandwithnya telah penuh digunakan.

Bottleneck process

Hardisk merupakan penghambat terbesar tingkat produktivitas seseorang dalam melakukan multitasking dengan komputernya. Untuk itu disarankan untuk melakukan upgrade dengan spesifikasi kecepatan hardisk yang lebih tinggi. Salah satu contohnya dengan upgrade menggunakan SSD.

[ads id="ads1"] Lalu timbullah sebuah pertanyaan. Kenapa dimasa sekarang ini produsen-produsen komputer masih banyak yang menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan data? Bukankah mereka lebih paham mengenai spesifikasi yang dibutuhkan?. Jawaban dari pertanyaan ini kurang lebih karena disamping harga hardisk yang lebih murah, hal ini akan sangat menguntungkan bagi produsen dengan menekan harga jual produk laptop/PC sehingga lebih murah dan dapat terjual lebih banyak. Ya, strategi bisnis akan sangat menentukan disini.

Pernahkah membandingkan harga sebuah laptop/PC dengan spesifikasi yang sama tetapi memiliki media penyimpanan yang berbeda? Yang satu menggunakan SSD dan satunya lagi menggunakan hardisk?. Mungkin bagi yang pernah membandingkan akan mendapatkan harga yang terpaut relatif jauh.

Kembali ke topik, untuk mengetahui tingkat kecepatan sebuah hardisk dalam membaca data dan menulis data, dapat menggunakan beberapa tool diantaranya Command Prompt dan tools pembaca kecepatan hardisk.

Ukur Kecepatan Hardisk Menggunakan Command Prompt

Untuk dapat mengetahui kecepatan suatu hardisk, kita dapat mengukurnya dengan menggunakan salah satu tool dari windows yaitu Windows System Assesment Tool (WinSAT).

Bukalah Command Prompt dengan level Administrator, kemudian ketikkan kode berikut :
winsat disk

Kode diatas akan menjalankan semua proses pengukuran kecepatan hardisk baik membaca data maupun menulis data. Gunakan akses Administrator untuk Command Prompt karena WinSAT membutuhkan akses Administrator agar bisa diproses.

Windows System Assesment Tool

Semakin tinggi nilai kecepatan suatu hardisk, maka akan semakin cepat komputer dalam memproses suatu data. Di dalam sistem operasi Windows, satuan kecepatan hardisk ditulis dalam satuan Byte per second (MB/s).

[ads id="ads2"]

Ukur Kecepatan Hardisk Menggunakan CrystalDiskMark

Untuk kalian yang tidak terbiasa dengan kode, dapat menggunakan tool gratis yang bernama CrystalDiskMark. Tool ini dapat langsung kalian download di https://crystalmark.info/en/software/crystaldiskmark/

CrystalDiskMark Standard Edition

Penggunaannya pun cukup mudah dengan hanya menekan tombol All, tunggu dan lihat hasilnya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah untuk menunjang produktivitas sebagai seorang designer, programmer, video editor, maupun pekerjaan lainnya yang berhubungan langsung dengan komputer dan membutuhkan multitasking, maka sangat disarankan (diwajibkan) untuk melakukan upgrade hardisk menjadi SSD.

Karena dengan melakukan upgrade, waktu kalian tidak akan terbuang secara percuma dan mendapatkan kinerja komputer yang lebih maksimal.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama