Tutorial Install Wemos D1 ESP8266 Board

Wemos D1 ESP8266 Board

Wemos merupakan salah satu Arduino Compatible Development Board yang dirancang khusus untuk keperluan IoT yang beroperasi pada tegangan 3.3V. Perlu sedikit diketahui, Wemos bukanlah board Arduino, Wemos hanya menggunakan desain layout dari board Arduino Uno. Board ini dikontrol menggunakan chip ESP8266 (32 bit processor) yang memiliki flash memory yang lebih besar jika dibandingkan dengan Arduino Uno. Wemos juga memilik pin input/output (I/O) digital berjumlah 11 pin dan 1 analog pin. Totalnya berjumlah 12 pin. Untuk keperluan programming, board ini memiliki koneksi Micro USB.

Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dan installasi board untuk pertama kalinya. Sebelum menggunakan Wemos, kita perlu sedikit melakukan konfigurasi pada Software Arduino agar dapat compatible dengan Arduino UNO Board.

Wemos D1 Comparasion

Gambar berikut adalah perbedaan pinout antara Arduino UNO VS Wemos D1 ESP8266. PIN Wemos D1 akan bekerja ketika menggunakan konfigurasi PIN dari Arduino UNO. Artinya, ketika kita memberikan nilai HIGH pada GPIO13 pada board Wemos, maka OUTPUT sebenarnya dari PIN GPIO13 adalah berada di PIN GPIO14 pada board Wemos D1.



[ads id="ads1"] Beberapa setting yang diperlukan sebelum menggunakan Board Wemos D1 adalah sebelumnya kita harus download terlebih dahulu Board Manager pihak ketiga yang berlamat di http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json.

Buka aplikasi Arduino, lalu klik menu File >> Preferences.
Copy URL diatas kemudian masukkan kedalam kolom Additional Board Manager seperti gambar berikut :

Additional Board Manager Wemos D1 ESP822

[ads id="ads2"]

Install Board Wemos D1 ESP822

Langkah selanjutnya adalah install board ESP822 dengan cara klik menu Tools >> Board >> Board Manager.

Install Board Manager Arduino Wemos D1 ES822

Didalam kolom pencarian, ketik "ESP", lalu pilih esp8266 by ESP8266 Community. Lalu klik Install. Tunggu beberapa saat sampai proses installasi berhasil.

Find ESP8266 Board

Setelah instalasi selesai, kalian bisa menggunakan board Wemos D1 dan menggunakan contoh yang ada.

Select board ESP8266 First Install

Wemos D1 ESP8266 Example Code

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama